NgalamNews || NASA telah mengungkapkan salah satu gambar paling jelas dari Planet Neptunus lebih dari 30 tahun berkat Teleskop Antariksa James Webb.

Dikutip dari zonapriangan.pikiran-rakyat.com Hasil teleskop antariksa ini, memperlihatkan gambar pertama kalinya planet jauh dengan gambar terbaru sejak wahana Voyager merekamnya pada 1989.

Gambar-gambar hasil Kamera Infra Merah Webb (NIRCam) ini terlihat planet es ini dalam sebuah cahaya baru, termasuk cincin-cincinnya yang mengelilingi Neptunus.

Juga dipertunjukan “pita debu” redup terdeteksi dekat ke planet ini berkat stabilitas dan presisi teleskop senilai USD 10 miliar ini.

“Telah tiga dekade sejak pertama kali melihat cincin debu redup ini, ini pertama kalinya kami melihat dalam infra merah,” kata Heidi Hammel, seorang pakar sistem Neptunus dan ilmuwan antardisiplin untuk Webb.

Berkat NIRCam, Neptunus tidak muncul berwarna biru lagi seperti gambar-gambar sebelumnya dari Voyager 2 dan Teleskop Antariksa Hubble.

Webb juga berhasil menangkap tujuh dari 14 bulan yang mengelilingi Neptunus, dengan bulan yang besar dan tak biasa, Triton, mendominasi gambar tersebut.

Enam buah bulan tersebut adalah: Despina, Galatea, Larissa, Naiad, Proteus dan Thalassa. Sementara Triton berada jauh dari bulan-bulan lainnya dan lebih mirip sebuah bintang.

Karena jaraknya yang jauh, Neptunus menghabiskan waktu 164 tahun untuk mengorbit Matahari, bandingkan dengan Bumi selama 1 tahun untuk mengelilingi matahari.

Studi lebih lanjut pada Triton dan Neptunus direncanakan dilakukan di tahun mendatang.

Penulis : Dede Suhaya Editor: Parama Ghaly  Sumber: Mirror

By Riyadi