NgalamNews – Bulan Maret 2022 diawali oleh Polda Metro Jaya (PMJ) dengan upaya memberikan pelayanan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) secara optimal. PMJ berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat di wilayah hukumnya.

Komitmen itu ditunjukan PMJ dengan melui Tim Printis Presisi yang melakukan patroli secara rutin dan menyisir ke seluruh sudut kota. Kegiatan patroli tidak sekadar menyisir jalan-jalan utama. Pada Selasa (08/02/2022), Tim Printis Presisi mulai melakukan patroli sampai ke gang-gang.

Tim Printis Presisi yang diturunkan oleh PMJ untuk mengawali patroli menyisir gang-gang di Ibu Kota adalah Tim 1 dan Tim 4, yang masing-masing dikomandoi oleh Ipda Hary Indradjati, S.Tr.K dan Ipda Sumantri. Didukung oleh 26 personil.

Kegiatan diawali dengan apel gabungan yang diikuti oleh Tim Patroli Printis Presisi PMJ, Tim Patroli Printis Presisi Polres Jakarta Timur, Polsek Duren Sawit, Koramil Duren Sawit, Para Ketua RW dan RT se-kelurahan Klender, serta Pokdarkamtibmas dan Mitra Jaya.

Usai apel, Tim Printis Presisi segera melaksanakan patroli dk kawasan Klender dengan menyusuri tiap gang. Patroli tersebut mengambil route di sekitar Klennder dan kawasan lain di wilayah hukum Polres Jakarta Timur. Termasuk di Kampung Kolaborasi RT 15/RW 04 Kelurahan Klender.

Tim Printis Presisi PMJ mengucapkan terimakasih atas respon positif serta sambutan hangat dari Jajaran Pengurus RT/RW serta seluruh masyarakat dalam pelaksanaan patroli tersebut.

Ketua Tim 4, Sumantri mengutarakan, “saya melihat Tim begitu antusias dengan penuh semangat bersama menjaga keamanan mencegah maupun antisipasi 3C, tawuran remaja.”

Ia berharap, pelaksanaan patroli ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat di wikayah hukum PMJ, khususnya di Jakarta Timur.

Ketua RT 15/ RW04 Kelnder, Yanuar Mahendra mengatakan patroli yang dilakukan dari gang ke gang merupakan terobosan yang baru dalam pelayanan yang dilakukan oleh PMJ. Ini akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat.

“Patroli kali ini dirasakan berbeda karena baru kali ini ada patroli di gang-gang kecil. Sehingga warga berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan sehingga lingkungan menjadi aman,” ujar Yanuar usai pelaksanaan apel gabungan.

LMK RW 04 Klender, H. Iwan Susila mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Kapolda Metro Jaya. Menurut Iwan patroli sampai ke gang-gang kecil akan membuat warga merasa aman dan tidak takut.

Pada saat bersamaan, Ketua RW 04 Klender, Agus Rohman mengijinkan Tim Pringis PMJ untuk menggunakan Pos RW sebagai tempat singgah saat berpatroli. “Semoga ke depan (Red: Tim Printis Presisi) semakin sering patroli di wilayah perkampumgan.” harapnya.

Di awal pelaksanaan patroli Rabu (09/02/2022) dini hari, Tim berhasil mengamankan sejumlah orang yang dianggap berpotensi meresahkan masyarakat. Antara lain: sekelompok orang yang melakukan kegiatan nongkrong sambil menikmati ciyu (Miras) hingga dini hari, mengamankan dan mengembalikan 6 orang remaja yang hendak melakukan tawuran kepada orang tuanya, dan menjaga kondusifitas Kamtubmas di wilayah hukum Polres Jakarta Timur.

Ke depan, diharapkan Tim Printis Presisi dapat melaksanakan patroli secara rutin dan masif, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

By sugeng