NgalamNews || Setiap tahun, ribuan mahasiswa dari banyak daerah mendatangi Kota Malang untuk kuliah. Ada banyak pilihan perguruan tinggi menjadi salah satu alasan. Termasuk biaya hidup yang relatif terjangkau, terutama di sekitar kampus.

Dikutip dari kompas.com, Kuliah di luar kota seperti Kota Malang, membuat mahasiswa perlu merinci biaya hidup, transportasi, sewa tempat tinggal atau kost selama sebulan, bahkan setahun. Sebab, memilih kuliah di luar kota, tidak cukup hanya memikirkan biaya kuliah saja, namun ada komponen biaya hidup yang juga menyertai.

Lalu, berapa biaya hidup bagi mahasiswa di Kota Malang? Berikut kisaran biaya hidup bagi mahasiswa yang merantau ke Malang untuk kuliah:

Malang menjadi salah satu kota menawarkan biaya hidup saat kuliah yang terjangkau buat mahasiswa. Biaya kos, makan, sampai transportasi di Malang sebetulnya tak terlalu jauh dari biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa di Surabaya. Namun, dinilai masih lebih rendah.

Pasalnya, masih ada beberapa spot makanan yang lebih murah bisa ditemukan di Kota Malang. Untuk biaya kost, dilansir dari laman Universitas Ma Chung, harga kos mahasiswa sangat bergantung pada lokasi dan jenis tempat tinggal yang dipilih.

Semakin dekat kampus dan fasilitas penunjang lainnya seperti rumah makan, laundry, tempat foto copy, biasanya harganya juga semakin mahal. Jika mahasiswa memilih kontrak rumah, maka biayanya berkisar antara Rp 10 juta hingga 30 jutaan per tahun, tergantung jumlah kamar dan fasilitas yang menyertai.

Untuk biaya kos, antara Rp 350.000 hingga 2,5 juta per bulan tergantung fasilitas. Semakin lengkap fasilitas kos, semakin mahal biaya kosnya. Jika ingin hemat, banyak kos sekitar kampus yang menawarkan fasilitas bersama.

Misalnya, sharing kamar mandi bersama, akses dapur dan ruang tv bersama. Ada juga kos yang diisi sekamar berdua, jadi biaya kos bisa ditekan lebih banyak. Ada beberapa kost yang juga meminta pembayaran lebih kalau kalian membawa kendaraan berjenis mobil.

Untuk biaya makan, masih ada warung yang menawarkan makan lauk plus nasi sekitar Rp 10.000. Ditambah minuman, hanya Rp 12.000 hingga Rp 15.000 Dengan kata lain, per bulan kamu perlu menyisihkan biaya makan antara Rp 400.000 hingga sekitar Rp 1 juta, tergantung harga makanan harian.

Untuk biaya transportasi, sisihkan antara Rp 100.000 hingga 200.000. Selain ojek online, ada angkot yang bisa kamu pilih.

Bahkan, banyak kampus yang lokasinya berdekatan dengan mall, swalayan, gedung serbaguna dan lokasi lain yang bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Untuk wifi, beberapa wilayah ada yang menggratiskan wifi untuk warga, tempat umum hingga kos pun banyak yang menyediakan wifi gratis.

Untuk pilihan kampus, ada Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN). Untuk PTS, ada Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Merdeka (Unmer), Binus, dan masih banyak lagi. Penulis Sandra Desi Caesaria | Editor Ayunda Pininta Kasih

By Riyadi