NgalamNews || Begini lho cara bikin motor bekas Honda Vario 125 dan 150 bebas gredek CVT nya, ternyata mudah bestie.

Selain rajin atau selalu servis CVT secara berkala, ada cara untuk mengurangi gredek pada Honda Vario 125 dan 150.

Dikutip dari otoseken.gridoto.com Cara mengurangi gredek pada Honda Vario 125 dan 150 ini bisa kalian lakukan sembari servis CVT di bengkel.

“Saya sudah mencoba berbagai macam cara untuk mengurangi gredek pada Honda Vario 125 milik saya,” ucap Cecep Iswadi, Pemilik Honda Vario 125 besutan tahun 2022 kepada GridOto pada Kamis lalu (20/10/2022).

“Dan yang paling sederhana untuk mengurangi gredeknya itu dengan melubangi rumah (mangkok) kampas ganda,” tambahnya.

Selain itu, Cecep juga menyarakan untuk mengganti kampas ganda bawan Honda Vario 125 dan 150.

“Kemudian kampas ganda bawaan motor diganti dengan kampas ganda yang punya tapak lebih panjang, mengurangi gredek pada Honda Vario 125 dan 150,” saran Cecep.

Ada beberapa fungsi melubangi rumah atau mangkok kampas ganda. Salah satunya berfungsi untuk membuang kotoran yang ada di dalam rumah atau mangkok kampas ganda.

“Lubang di mangkok kampas ganda bertujuan untuk membuang kotoran yang terjebak di dalamnya,” sahut Ahmad Musyafa Salim, penjual rumah kampas ganda custom untuk motor matic Suzuki beberapa waktu yang lalu.

Nah, kotoran berupa debu atau sisa-sisa kampas ganda sering kali jadi penyebab kampas ganda jadi slip sehingga menimbulkan gredek.

Dengan memanfaatkan gaya sentrifugal, kotoran yang ada di dalam rumah kampas ganda otomatis akan terbuang keluar melalu lubang saat berputar.

“Lubang pada rumah kampas ganda juga berfungsi untuk menambah traksi pada kampas ganda,” jelas Ahmad.

“Hal itu membuat kampas ganda langsung mendapatkan traksi sehingga kinerja CVT jadi lebih ringan dan akselerasi jadi lebih responsif,” tutup pria yang tokonya berada di Jalan Kencana 1 Kalimulya, Depok, Jawa Barat.

Jadi, dengan melubang rumah atau mangkok kampas ganda dan mengganti kampas ganda yang tapaknya lebih panjang ternyata bisa mengurangi gredek pada Honda Vario 125/150.

Namun perlu dicatat, melubangi rumah kampas ganda bukan berarti Honda Vario 125/150 jadi bebas untuk servis CVT.

Servis CVT motor matic secara berkala perlu juga dilakukan untuk mengurangi gredek.

Editor : ARSN Sumber  : GridOto.com

By Riyadi