September 21, 2021

Awas ! Akun Palsu (FB) dengan Nama Budi Hermanto

Awas, ada akun Facebook (FB) palsu yang mencatut nama Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, Akun Facebook bernama Budi Hermanto itu dibuat pada 18 Juli 2021, Akun tersebut memasang foto AKBP Budi Hermanto memakai baju dinas.

Akun tersebut juga mengunggah ajakan untuk beramai ramai mengikuti event pelelangan barang sitaan bea cukai negara di kantor KPKNL

Pelaku sempat mengunggah gambar daftar barang lelang pada Senin, (26/7/2021), Namun, pelaku menghapus unggahan tersebut pada Rabu (27/7/2021).

Kini hanya unggahan tulisan bernada ajakan, tanpa disertai gambar, Akun tersebut juga membuat grup Facebook bernama Lelang Bea dan Cukai Negara di Kantor KPKNL. Dan di grup itu, diikuti oleh delapan member (anggota).

“Akun itu hoaks. Saya tidak memiliki media sosial,” ujar AKBP Budi Hermanto saat memberikan informasi keada awak media, Humas Polresta Malang Kota telah menyebarkan unggahan akun Facebook palsu itu dengan cap stempel hoaks.

Pihaknya akan mencari pemilik akun palsu tersebut, “Kami mengimbau masyarakat tidak mudah percaya. Kami berharap tidak ada yang menjadi korban penipuan tersebut,” jelasnya.

Kasi Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap akun palsu di media sosial.

Apalagi akun tersebut mengatasnamakan pejabat di Polresta Malang Kota yang menawarkan lelang atau hal lain, “Jangan mudah percaya dan perlu cek lebih lanjut agar tidak menjadi korban penipuan,” kata Marhaeni.