NgalamNews || Apple telah merilis pembaruan perangkat lunak iOS 16 yang memperbaiki bug yang menyebabkan kamera pada beberapa model iPhone 14 Pro baru bergetar dan membuat suara berderak yang terdengar saat menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dikutip dari tekno.tempo.co Awal pekan ini, beberapa pengguna melaporkan bug yang melibatkan sistem stabilisasi gambar kamera iPhone 14 Pro bersama dengan beberapa perangkat lunak aplikasi pihak ketiga.

Pengguna yang terkena dampak mengklaim bahwa kamera belakang bergetar secara fisik sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan, atau dalam beberapa kasus yang lebih serius, menyebabkan suara berderak saat mereka mengambil foto atau video di beberapa aplikasi, termasuk Snapchat, TikTok, dan Instagram.

Pada hari Kamis, Apple merilis pembaruan besar pertama untuk sistem operasi seluler iOS 16 baru lebih cepat dari jadwal. Sementara penyebabnya masih belum jelas, pembaruan iOS 16.0.2 mengklaim untuk memperbaiki kesalahan kamera-goyang, dan sejumlah bug lainnya, yang telah menjadi jelas sejak iOS 16 dirilis dua minggu lalu.

Menurut teks pembaruan yang dikirim Apple ke pengguna, rilis iOS 16.0.2 mengatasi masalah dengan kamera iPhone, yang “dapat bergetar dan menyebabkan foto buram saat memotret dengan beberapa aplikasi pihak ketiga di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.”

Perusahaan juga mengklaim bahwa pembaruan itu akan menyelesaikan bug “di mana input sentuh tidak responsif pada beberapa tampilan iPhone X, iPhone XR, dan iPhone 11 setelah diservis.” Pembaruan ini juga memperbaiki permintaan izin yang sering diterima pengguna Apple ketika mereka mencoba menyalin dan menempelkan konten di antara aplikasi.

Pembaruan secara otomatis tersedia untuk semua orang dengan perangkat Apple yang mampu menjalankan iOS 16, dan dapat diinstal melalui aplikasi Pengaturan.

Meskipun Apple belum merinci apa yang menyebabkan kamera bergetar, TechCrunch melaporkan bahwa kesalahan tersebut tampaknya hanya masalah perangkat lunak, karena sedang diperbaiki melalui pembaruan iOS. Editor Erwin Prima

By Riyadi