Jakarta – Polri bekerja sama dengan Dinas Perhubungan akan melakukan Rekayasa Lalu Lintas One Way dari GT Palimanan Utama KM188 Tol Jakarta – Cikampek KM. 47. Penerapan rekayasan Lalu Lintas ini akan diberlakukan hari ini, Kamis (5/4/22).

Hal ini dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dr. Dedy Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM. Pihaknya mengatakanRekayasa lalin ini dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan.

“Kita juga sudah koordinasin dengan stakholder terkait dan PT Jasa Marga bahwa ruas tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus balik pada Jalur Andan B dengan VCR (Volume Capacity Ration) sebesar 1.19,”ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyebutkan pertimbangan rekayasa lain juga berdasarkan data arus lalin lintas hari Rabu (4/4/22) dari pukul 06.00 Wib sampai pukul 18.00 Wib.

“Berdasarkan data tersebut, kita mendapatkan data bahwa ada peningkatan arus Tol Cipali sehingga wajib dilakukan kebijakan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan,”beber Kadiv Humas.

Disamping itu, pemantauan CCTV di NTMC dan Command Center PJR serta pantauan anggota dilapangan juga menguatkan bahwa pemerintah harus mengambil langkah alternatif dalam mengantisipasi kemacetan.

“Baik CCTV maupun Pantauan langsung menjelaskan terjadinya peningkatan Arus khususnya menuju arah barat. Kita berharap kebijakan ini dapat efektif mengurangi adanya penumpukan kendaraan sehingga masyarakat yang sedang melaksanakan mudik merasa nyaman, aman dan sampai kelokasi dengan selamat,”tutup Kadiv humas.

By sugeng