NgalamNews || Bahan-bahan pembuatnya juga tak kalah menarik, lho Olahan susu hewan digunakan sebagai bahan utama keju. Rasa yang berbeda-beda dengan proses yang rumit menjadi salah satu faktor keju memiliki harga yang tinggi dan berkualitas.

Selain itu, olahan susu yang dipilih pun juga menjadi bahan pertimbangan beberapa produksi keju dengan hasil yang maksimal.

Miliki teknik olahan yang unik, berikut lima keju berkualitas tinggi di dunia yang memiliki harga fantastis. Apa saja?

1. Keju pule 

5 Keju Berkualitas dengan Teknik Olahan Unik dan Harga Fantastis

therichtimes.com

Keju yang diproduksi dengan susu keledai ini memiliki kualitas tinggi dengan harga yang menguras kantong. Keju pale yang diproduksi dengan 25 liter susu keledai akan menghasilkan satu kilogram keju pale.

Tak perlu diragukan lagi kualitas keju pale. Chef terkenal dari restoran ternama menggunakan keju ini untuk makanan mereka, agar cita rasa yang dihasilkan pun lebih maksimal.

Dengan harga Rp8,5 juta, kalian dapat membeli keju pale seberat 500 gram untuk kebutuhan kuliner kalian.

2. Keju moose 

5 Keju Berkualitas dengan Teknik Olahan Unik dan Harga Fantastis

worldfood.guide

Desa kecil di Swedia memproduksi keju moose hanya dalam jumlah kecil dalam setahun, di mana keju ini hanya diproduksi sebanyak 270 kilogram per tahun. Keju moose sendiri terbuat dari susu rusa liar yang berukuran besar.

Meski jumlahnya yang sedikit, keju ini akan menguras kantongmu dalam sekejap, lho. Pasalnya, kalian perlu merogoh kocek Rp6,7 juta untuk 500 gram keju moose. Salah satu faktor keju ini menjadi mahal ialah rusa liar yang dibutuhkan untuk diambil susunya.

5 Keju Berkualitas dengan Teknik Olahan Unik dan Harga Fantastis

clawson.co.uk

Clawson di Leicestershire, Inggris memproduksi keju ini dengan bahan istimewa. Terdapat dua jenis keju jenis ini, yaitu blue stilton dan white stilton. Keduanya pun memiliki rasa dan harga yang berbeda, namun tetap sama-sama berkualitas.

Beberapa keju stilton dicampur dengan emas sehingga harganya melambung tinggi hingga Rp5,9 juta per 500 gramnya. Bau yang kuat dan rasanya yang lezat menjadikan keju ini layak kalian coba jika berkunjung ke Inggris.

4. Keju winnimere 

5 Keju Berkualitas dengan Teknik Olahan Unik dan Harga Fantastis

jasperhillfarm.com

Orang Amerika sangat menyukasi keju satu ini. Jumlah pembeli yang begitu banyak dan meningkat selama beberapa tahun terakhir membuat keju ini selalu laris di pasaran.

Diproduksi selama musim dingin membuat keju ini berkualitas tinggi dengan susu sapi ayrshire.

Dibungkus dengan lapisan kulit pohon lalu dicuci dengan air garam menjadikan keju ini mengembang dengan sendirinya. Tekstur yang lembut dan berwarna gading ini dapat kalian beli seharga Rp924 ribu per kilogramnya.

5. Keju caciocavallo podolico 

5 Keju Berkualitas dengan Teknik Olahan Unik dan Harga Fantastis

finedininglovers.com

Susu sapi liar yang diberi makan rumput, bluberry, dan makanan lainnya akan tumbuh besar. Sapi liar tersebut akan diambil susunya dan menghasilan keju caciocavallo.  

Diproduksi di bagian selatan Italia, keju ini berasal dari jenis sapi podolica yang merupakan sapi langkah di Italia. Dikenal sebagai horse cheese, membuat susu ini unik dan berbeda dari yang lain.

Untuk mendapatkan 500 gram keju caciocavallo kamu harus merogoh kocek sekitar Rp1 juta untuk keju unik dan berkualitas satu ini.

Tak heran jika lima jenis keju diatas merupakan keju terkenal di dunia. Selain teknik pengolahannya, bahan-bahan pembuatnya pun terbilang unik. Itulah mengapa, rasa keju yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang tinggi. Kira-kira, kamu tertarik mencoba salah satu keju di atas ? (abi)

By Riyadi