NgalamNewsKamu harus berubah! Kehidupan ialah skenario Tuhan layaknya sebuah roda kehidupan yang terus berputar, terkadang dirimu merasa masalah yang kamu hadapi berat dan membuat dirimu berpikir bahwa masalah tersebut tidak akan berlalu. Tak ada yang abadi dan suatu saat akan berlalu termasuk masalahmu, jalanilah hidupmu dengan sepenuh hati tanpa menuntut dirimu untuk memaksakan apa yang tak dapat kamu lakukan.

Pada kenyataannya tak semua orang bahagia dengan pilihannya, untuk itu pertimbangan juga hal yang sangat penting bagi kehidupan. Meski terus bertahan di tengah kehidupan, dirimu juga harus mampu membuktikan bahwa pilihanmu ialah yang terbaik. Karena hal yang tersulit dalam hidup bukan memilih tetapi bertahan pada satu pilihan, kamu harus selektif dengan apa yang kamu lakukan agar hidupmu bisa menjadi lebih baik.

1. Selalu pesimis

5 Hal yang Dapat Membuat Reputasimu Buruk Seketika, Jangan Lengah!pexels.com/freestocks.org

Sifat pesimis dapat menyebabkan kamu tidak percaya diri dan akhirnya stres, karena pesimis selalu melihat kesulitan di setiap jalan. Jika kamu selalu pesimis kamu tidak akan pernah merasa bahagia. Hilangkan sifat ini dari dirimu, maka kamu akan percaya pada kemampuanmu dan dapat membuat dirimu menjadi lebih baik lagi. Belajarlah dari kekurangan yang membuatmu bersyukur memilikinya, karena tak semua orang dapat menerima hal – hal positif.

2. Merendahkan orang lain

5 Hal yang Dapat Membuat Reputasimu Buruk Seketika, Jangan Lengah!pexels

Merendahkan dan menganggap enteng semua hal ialah sesuatu yang fatal. Selalu meremehkan apa yang kamu hadapi sekarang akan merugikan dirimu sendiri, untuk menghadapi semua masalah kamu hanya perlu menciptakan pikiran positif. Karena tak ada yang sempurna di dunia ini, kamu yang suka merendahkan seseorang akan selalu angkuh dan sombong. Kekurangan dalam diri bukanlah aib, namun hal kecil yang harus kamu ubah agar menjadi sempurna dalam kenyataan.

3. Tak mau mendengarkan nasehat

5 Hal yang Dapat Membuat Reputasimu Buruk Seketika, Jangan Lengah!pexels.com/Mohamed Almari

Tak ingin menerima hal yang bersifat menentang dalam prinsipmu bukanlah suatu masalah, namun jika ingin menang sendiri kesombongan akan menguasaimu. Maka ubahlah semua itu dengat semangat dan motivasi yang selalu ada dalam dirimu, jika kepercayaan itu sulit tumbuh dalam dirimu kamu tidak akan pernah maju selangkah di depan dan menjadi lebih baik. Dirimu butuh semangat untuk menjalani hari esok, meski tak seperti yang dirimu harapkan namun akan selalu berjalan sesuai dengan apa yang tuhan perkenankan.

4. Sombong

5 Hal yang Dapat Membuat Reputasimu Buruk Seketika, Jangan Lengah!pexels.com/freestocks.org

Terlalu berbesar hati dan selalu membanggakan apa yang kamu punya dapat membuatmu semakin tak disukai, sifat seperti ini selalu muncul hanya untuk pamer dan ingin memperlihatkan apa yang dirimu punya. Coba hindari sifat seperti ini yang akan merugikan dirimu sendiri, karena materi tak ada yang abadi semua akan habis pada waktunya. Namun ilmu yang bermanfaat akan terus berguna hingga suatu saat nanti, bekerja keraslah hingga kamu bangga dengan dirimu sendiri akan kerja kerasmu itu.

5. Pendendam

5 Hal yang Dapat Membuat Reputasimu Buruk Seketika, Jangan Lengah!pexels.com/MIXU

Emosi yang selalu berlebihan dapat menyebabkan diri seseorang tak terkendali amarahnya, selalu saja berpikir negatif yang dapat membuat semua orang kesal. Perlahan-lahan coba kendalikan amarah yang dapat membuatmu hilang kendali, karena sifat ini akan sangat merugikan bagi dirimu maupun orang lain.

Setiap proses yang ada akan mengajarkanmu betapa pentingnya karakter dan pola pikir, untuk itu jika dirimu tak memiliki ambisi untuk terus berkembang maka kamu akan terjebak dalam zona nyaman. Karena kehebatan bukan hanya tekad yang kuat namun juga karakter, tetaplah tenang dalam mengatasi masalah yang ada. Jangan pernah berhenti mencoba, dirimu tak akan tahu apa yang terjadi selanjutnya. (abi)

By Riyadi