NgalamNewsKualitas dirimu bergantung pada karaktermu! Kebiasaan yang menuntut dirimu untuk selalu sempurna bukanlah hal yang baik, terjatuh juga merupakan cara tuhan agar melihatmu lebih tangguh dari sebelumnya. Selalu bangkit lagi dari kesalahan yang ada membuatmu tahu bahwa tak ada hal yang sempurna, dirimu yang telah berubah menjadi lebih baik akan memperlihatkan bagaimana kamu bertahan dalam ketidakpastian.

Jika semua berjalan dengan sempurna kamu tak akan tahu keajaiban apa yang menantimu di depan, rasa lelah dan gelisah menjadi perasaan campur aduk yang membuatmu lengah. Dirimu hebat dengan caramu sendiri, bertahan dalam ketidaknyamanan akan mengubah sesuatu dari dirimu yang dulu. Untuk itu jangan pernah membandingkan prosesmu dengan yang lain, kamu lebih hebat dari yang kamu bayangkan saat ini.

1. Keluar dari zona nyaman

5 Cara Cerdas Menyikapi Permasalahan dalam Hidup, Don't Give Up!pexels.com/Artem Beliaikin

Zona nyaman ialah tempat yang strategis untuk dirimu, namun di sisi lain hal ini akan menjadi bumerang bagi dirimu untuk lengah. Jika kamu terjebak dalam zona nyaman tak akan ada hal hebat menantimu, untuk itu buatlah kenyamanan dalam ketidaknyamanan hidupmu. Karena dirimu butuh perubahan untuk terus berkembang mencapai angan yang telah kamu perjuangkan saat ini.

2. Memaafkan masa lalu

5 Cara Cerdas Menyikapi Permasalahan dalam Hidup, Don't Give Up!pexels.com/Artem Beliaikin

Seindah apa pun masa lalumu tak akan pernah terulang kembali, buanglah semua rasa takut dan benci yang membuatmu semakin terpuruk. Biarlah tuhan yang memberikan semua jawaban atas apa yang telah kamu perjuangkan selama ini, jika setiap harapan selalu berjalan sesuai rencana kamu tak akan pernah belajar bahwa kecewa itu menguatkan. Untuk itu dirimu butuh penyemangat yang selalu ada di sampingmu, meski jauh dari harapan kamu pasti akan sampai pada kenyataan di mana semua baik – baik saja.

3. Belajar dari pengalaman

5 Cara Cerdas Menyikapi Permasalahan dalam Hidup, Don't Give Up!pexels.com/RF._.studio

Perjalanan hidup akan membawamu menuju titik terang, jangan risau dengan apa yang telah terjadi itu semua memang takdir yang harus kamu jalani. Perlahan dirimu akan tahu bahwa proses ialah hal penting untuk mencapai tujuanmu, tetap fokus dengan apa yang menjadi jalanmu saat ini. Tuhan selalu memberikan yang terbaik untukmu walau dirimu tak menyukainya, ada hal hebat yang harus kamu ketahui dengan proses yang berat dan melelahkan. 

4. Berambisi menjadi lebih baik

5 Cara Cerdas Menyikapi Permasalahan dalam Hidup, Don't Give Up!pexels,com/Nina Uhlíková

Jalan yang kamu pilih saat ini adalah cerminan dirimu, meski tak semua orang menyukainya tak perlu gundah. Hidupmu ialah dirimu sendiri bukan kemauan orang lain, karena nilai dirimu berasal dari karaktermu yang gigih memperjuangkan apa yang menjadi kegagalanmu saat ini. Bukan kesempurnaan yang membuatmu bernilai, tapi tentang apa yang dapat kamu beri kepada orang lain ketika dirimu berada di titik terendah dalam hidup.

5. Berpikir jangka panjang

5 Cara Cerdas Menyikapi Permasalahan dalam Hidup, Don't Give Up!pexels.com/Palu Malerba

Kesuksesan ialah hal yang membutuhkan kerja keras dan kemauan yang besar, seperti halnya seseorang yang menginginkan sesuatu dia harus selalu berusaha dan berjuang untuk mendapatkannya. Waktumu terbatas, jangan memberitahu bagaimana dirimu melewati proses yang sangat rumit dan melelahkan. Biarkan hasil yang berbicara dan membuktikan bahwa kamu layak menjadi seorang pemenang.

Rencana besar pun akan gagal karena hal kecil, maka persiapkan semuanya dengan matang. Meski kamu tak akan tahu hasilnya bagaimana, biar tuhan yang menilaimu lewat proses.

Batasi dirimu dengan hal – hal negatif yang akan merusak masa depanmu, setiap perjalanan memiliki kisahnya masing – masing. Jangan lengah dan terlena dengan semua apa yang kamu punya, hidupmu harus siap dengan segala sesuatu yang terjadi. (abi)

By sugeng