NgalamNewsDicatat ya! Rutinitas yang padat menjadi beban tersendiri untuk mengatur segala prioritas yang ada, tanpa adanya jadwal yang terstruktur tak mungkin semua akan teratur. Banyak faktor lain yang menyebabkan kendala, mulai dari permasalahan yang ringan hingga berat. 

Mengatur semuanya dengan berbagai pertimbangan akan menjadikan rutinitas teratur dan tak membuang banyak waktu dan tenaga untuk hal yang tak perlu. Karena tak ada yang dapat mengganggumu jika dirimu tetap tegar dan bertahan dalam situasi yang tak memungkinkan.

1. Buat rencana sedetail mungkin

5 Cara Cerdas Atur Prioritas pada Waktu yang Sangat Terbatas, Cobain!unsplash.com/Kelly Sikkema

Perencanaan yang matang akan membuatmu tahu pentingnya menghargai waktu, rutinitas yang terus berjalan menjadikanmu seseorang yang produktif dan dapat diandalkan banyak orang. Untuk itu catat semua rencanamu dalam notes yang dapat kamu bawa ke mana pun, sewaktu – waktu rencanamu dapat berubah. Hal ini menunjukkan bahwa kamu tahu jika waktu ialah sesuatu yang sangat berharga jika dipergunakan dengan sia – sia.

2. Catat semua kegiatan yang ada

5 Cara Cerdas Atur Prioritas pada Waktu yang Sangat Terbatas, Cobain!pexels.com/Frans Van Heerden

Meski tak selalu sesuai rencana, apa yang kamu jalani untuk mengaturnya itu penting. Jangan sampai melewatkan hal penting untuk kamu kerjakan, waktu yang sangat singkat membuatmu sadar bahwa semua hal yang kamu lakukan akan sangat berarti. Kamu dapat mencatat rutinitas harian dan hari – hari penting agar tak terlewat, meski sepele hal ini akan berguna agar dirimu disiplin dengan diri sendiri. Jika melakukan rutinitas seadanya tanpa jadwal yang menentu kamu akan ceroboh dengan semua hal yang ada.

3. Mengatur rutinitas dengan waktu yang produktif

5 Cara Cerdas Atur Prioritas pada Waktu yang Sangat Terbatas, Cobain!pexels.com/Startup Stock Photos

Mendisiplinkan diri agar terbiasa hidup mandiri ialah hal bagus, namun kamu juga harus dapat mengendalikan nafsu dan keinginan agar tak terlewat batas. Hal yang kamu kerjakan dapat dikatakan produktif jika kamu melakukannya dengan keinginan dan semangat dalam diri yang bermanfaat bagi orang banyak, jangan menunda pekerjaan yang sedang kamu kerjakan agar tak menumpuk dan menjadi beban. Jangan pernah melewatkan hal kecil yang berdampak besar bagi kehidupanmu, kamu pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Konsisten dengan apa yang kamu kerjakan

5 Cara Cerdas Atur Prioritas pada Waktu yang Sangat Terbatas, Cobain!pexels.com/Pixabay

Tak apa beristirahat sejenak menikmati waktu luang, tetapi jangan lupa dengan komitmen dalam diri untuk terus konsisten dan melakukan semuanya dengan usaha yang keras. Orang lain hanya menilai semuanya dari apa yang nampak pada dirimu, tak usah dengarkan kata mereka. Cukup buktikan pada mereka yang meremehkanmu, kamu akan membungkam mereka dengan hasil dan prestasi yang cemerlang. Konsistensi yang kamu jalani akan menemukan jati dirimu yang sebenarnya dalam berbagai macam hal.

5. Teliti dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran

5 Cara Cerdas Atur Prioritas pada Waktu yang Sangat Terbatas, Cobain!pexels.com/Alina Vilchenko

Dengan semua yang kamu miliki sekarang, kamu dapat memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna bagi orang lain. Sedikit tak apa namun semua orang mendapatkan manfaat dari apa yang kamu kerjakan, jangan ragu meminta bantuan teman ataupun saudara. Niat baikmu memperlihatkan karaktermu saat ini, disaat tersulit pun kamu juga harus tetap menjalankan apa yang menjadi kewajibanmu.

Penghasilan juga merupakan modal utama untuk membangun usaha di bidang yang kamu miliki, karena karya dan kreativitasmu dibutuhkan untuk melakukan hal – hal yang tak dapat orang lain lakukan. Untuk itu mengatur segala kebutuhan utama itu penting, jika tidak kamu akan bingung dan tidak konsisten dengan apa yang kamu lakukan. Karena hal kecil akan menjadikanmu seseorang yang menghargai segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. (abi)

By sugeng