NgalamNews || Jepang memiliki aneka ragam tanaman dan makanan khasnya, berusia hingga ratusan tahun tanaman dari Jepang memiliki keunikan tersendiri dari tanaman lain. Mulai dari pertumbuhannya sampai jenis tanaman yang bermacam – macam membuat negara Jepang tak kalah menarik dalam hal budidaya tanaman hias.

Corak dan warnanya yang berbeda dengan tanaman yang lain tak menghilangkan kesan buruk, justru dengan warnanya yang nyentrik dan memikat perhatian banyak orang tanaman hias dari Jepang memiliki banyak keanekaragaman dan keunikan untuk dirawat dan diteliti lebih lanjut. Berikut lima tanaman dari Jepang yang tak kalah unik dari bunga lainnya termasuk sakura dan bonsai, apa saja nih?

1. Japanese snake gourd 

5 Bunga Jepang yang Tak Kalah Cantik dari Sakura dan Bonsai, Estetik!inaturalist.org

Pulau Kyushu dan Honshu memiliki jenis tanaman yang tak kalah menarik dari tanaman lain, japanese snake gourd ini merupakan tanaman yang berasal dari Jepang dan Tiongkok. Tumbuh di pepohonan atau tanaman yang berada di dekatnya tak membuat tanaman lain terganggu dengan tanaman ini, April hingga Juni bunga ini selalu bermekaran pada waktu malam hari yang membuat semua orang kagum dengan warnanya yang putih dan indah.

2. Wisteria 

5 Bunga Jepang yang Tak Kalah Cantik dari Sakura dan Bonsai, Estetik!tiptoeingworld.com

Wisteria floribunda merupakan tanaman asli Jepang yang tumbuh lebat dengan bunga yang menggantung ke bawah dengan warnanya yang indah, tumbuh hingga 80 cm membuat bunga ini tak kalah memesona dari bunga sakura. Warna ungu yang indah menjadikannya tanaman unik dengan daun yang dapat menggulung sendiri pada malam hari. Wow keren ya!

3. Tiger lily 

5 Bunga Jepang yang Tak Kalah Cantik dari Sakura dan Bonsai, Estetik!pixabay.com/tina0128

Tiger lily merupakan saudara kembar dari bunga red spider lily, bunga spesies Jepang, Tiongkok, Korea, dan Vietnam ini dapat kamu temukan di dataran rendah Hokkaido dan Kyushu. Tanaman ini mekar pada bulan Juli hingga Agustus membuatnya sulit sekali ditemui saat sedang bermekaran, warna oranye yang menawan membuat tiger lily juga tumbuh hingga 2 meter tingginya.

4. Lacecap hydrangea  

5 Bunga Jepang yang Tak Kalah Cantik dari Sakura dan Bonsai, Estetik!clemson.edu

Disebut bunga dengan titik mungil yang bergerombol di tengahnya bunga ini memiliki nama ilmiah Hydrangea macrophylla, kelopaknya hanya untuk menghiasi bentuk bunga agar lebih menarik dipandang. Nama Jepang dari bunga ini pun unik yaitu Gaku artinya bingkai karena kelopaknya yang membingkai bunga.

5. Fringed Iris  

5 Bunga Jepang yang Tak Kalah Cantik dari Sakura dan Bonsai, Estetik!gardentags.com

Bunga imut yang satu ini memiliki nama Hime artinya putri, tanaman yang berukuran mungil ini berukuran tak lebih dari 30 sentimeter dan bermekaran setiap bulan Mei hingga Juni. Tak hanya menarik perhatian dengan warnanya yang mencolok namun karena ukurannya yang mungil menjadikan bunga ini lucu dan memesona di setiap sudutnya.

Tanaman hias yang lain juga tak kalah indah untuk kamu nikmati saat ini, namun lima bunga di atas merupakan bunga yang jarang orang lain lirik. Jika ingin mengekspos lebih dalam akan banyak sekali bunga Jepang yang memiliki ukuran maupun daya pikat yang menggoda untuk dipelihara. Dari lima bunga di atas yang paling menawan yang mana? (abi)

By sugeng